Teknologi Display Grafika Komputer

Teknologi informasi

Apa perbedaan Teknologi display grafika komputer dengan display lainnya? Kualitas tampilan komputer tergantung pada jenis tampilan. Secara umum, tampilan komputer hadir dengan salah satu dari empat jenis: kristal cair, sensor sentuh, pelepasan gas, dan pelepasan gas. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis tampilan ini. Kita juga akan membahas mana yang lebih mahal.

Teknologi liquid-chrystal

Teknologi liquid-chrystal display (LCD) adalah jenis tampilan grafis yang memanfaatkan sumber cahaya monokromatik. LED adalah sumber cahaya elektronik yang dapat memancarkan sinar ultraviolet, inframerah, dan cahaya tampak. Karena teknologinya yang begitu kuat, LCD sering dipasang di tepi monitor komputer. Tampilan ini memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, mereka memiliki lebih banyak kontras dan reproduksi warna daripada tampilan CCFL dan juga lebih hemat energi.

CRT adalah jenis tampilan grafis tertua dan menggunakan substrat kaca setebal beberapa milimeter. CRT juga menggunakan kristal cair untuk menampilkan gambar. Keuntungannya banyak, tetapi keuntungan utama CRT dibandingkan LCD adalah biaya rendah dan kemudahan pemasangan. Baik Anda ingin menggunakan laptop, notebook, atau TV, Anda dapat memilih dari berbagai opsi layar kristal cair.

Layar CRT menggunakan senjata elektron untuk memfokuskan cahaya ke fosfor. Berkas elektron kemudian melewati kumparan defleksi dan kemudian ke layar. Hasilnya adalah jumlah piksel yang bervariasi tergantung pada jenis fosfor, sistem defleksi, dan intensitas cahaya. Karakteristik ini memungkinkan LCD menjadi lebih akurat dan lebih jernih daripada jenis LCD lainnya.

Teknologi sensor sentuh

Perkembangan teknologi layar sentuh telah sangat meningkatkan efisiensi komputer, yang merupakan tujuan layar sentuh. Layar sentuh dapat mendeteksi sentuhan seseorang dan membuat berbagai gerakan. Bisa juga mendeteksi udara, debu, dan benda-benda lain. Akibatnya, teknologi ini sekarang banyak digunakan untuk aplikasi industri. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari teknologi ini. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Monitor LCD memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada monitor CRT. Mereka lebih mahal tetapi jauh lebih baik daripada pendahulunya. Mereka juga memiliki teknologi anti-aliasing dan dapat menangani resolusi 1024 X 768. Sebagai perbandingan, monitor CRT hanya dapat menampilkan resolusi 640 X 420. Dengan bantuan teknologi ini, monitor LCD dapat menampilkan grafik resolusi tinggi tanpa gangguan.

Komputer layar sentuh menggunakan kartu pc kecil untuk merasakan sentuhan yang valid. Pengontrol mengirimkan data ini ke perangkat lunak, yang pada gilirannya menggunakan bahasa pemrograman C untuk mengembangkan driver perangkat lunak untuk tampilan. Pada akhirnya, komputer dapat mengenali sentuhan seseorang menggunakan driver perangkat lunak. Teknologi ini sudah ada sejak lama, tetapi baru sekarang populer. Anda dapat mendownload software versi terbaru dan langsung menggunakannya.

Teknologi gas-discharge

Teknologi gas-discharge-display grafika komputer adalah jenis tampilan baru yang menggunakan elektron untuk membuat gambar di layar. Teknologi ini juga disebut CRT, atau tabung sinar katoda, dan lebih mahal daripada panel LCD. Namun, ia memiliki banyak keuntungan. Pertama, ia memiliki konsumsi daya yang lebih rendah daripada panel LCD, menjadikannya pilihan ideal untuk monitor desktop. Kedua, ia memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada kebanyakan monitor LCD.

Tidak seperti monitor LCD, CRT dapat diperbaiki jika rusak. Karena terbuat dari piksel, CRT lebih fleksibel daripada LCD, sehingga dapat digunakan di berbagai sudut pandang. Selain itu, LCD memiliki waktu respons yang lebih tinggi dan dapat diperbaiki daripada diganti. LCD lebih mudah dibersihkan daripada CRT, sehingga juga lebih tahan lama. Terakhir, monitor ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk bermain game.

Tidak seperti layar LCD, monitor DVST tidak memiliki kelemahan karena sifatnya yang portabel. Mereka biasanya ditempatkan di tempat kerja, di ruang konferensi, atau bahkan di ruang konferensi. Mereka juga dapat dipasang di atas meja atau berdiri di lantai. Namun, tidak seperti LCD, DVST tidak memiliki kabel, jadi Anda harus berhati-hati menempatkannya di tempat yang tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Previous Post Next Post