Kesehatan Fisik

3 Aktivitas Fisik di Luar Rumah Mampu Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Kesehatan fisik adalah kejadian sejahtera dimana individu menyadari potensi yang dimilikinya, serta menanggulangi tekanan hidup normal. dan berfungsi secara optimal.

Kesehatan mental adalah kejadian dimana individu menyadari kreatif dan menggunakan hidup seseorang yang mempengaruhi aktualisasi diri. Selain itu, kesehatan mental adalah suatu kondisi yang terdiri dari psikologis, sosial, emosional, dan lain-lain.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari kesehatan fisik. Ini dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Meningkatkan jumlah aktivitas fisik juga dapat mengurangi risiko penyakit tertentu. Ini dapat membantu Anda mencegah dan mengobati kondisi seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Namun, banyak orang tidak memenuhi rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang kurang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit tidak menular (PTM).

Aktivitas fisik yang tidak mencukupi juga dikaitkan dengan pola makan yang buruk dan kurang tidur. WHO telah mengembangkan Kuesioner Aktivitas Fisik Global (GPAQ) untuk membantu negara-negara mengukur dan menilai aktivitas fisik di antara orang dewasa.

Kurangnya aktivitas fisik lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Ini karena wanita cenderung memiliki lebih sedikit waktu luang dan menghabiskan lebih banyak waktu duduk di tempat kerja dan di rumah. Mereka juga mengkonsumsi lebih banyak makanan dan minuman daripada pria.

Diet

Diet yang rendah lemak, garam, dan gula baik untuk Anda. Ini akan membantu untuk mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Ini termasuk diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Secara umum, pola makan yang sehat harus terdiri dari buah-buahan, sayuran, ikan, yoghurt, dan produk susu lainnya. Itu juga harus mencakup protein, serat dan lemak tak jenuh.

Memilih makanan yang tepat dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, stroke, dan penyakit Alzheimer. Ini juga akan membantu menjaga berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Misalnya, sebuah studi oleh American Cancer Society menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan buah dapat melindungi Anda dari kanker. Demikian pula, National Institutes of Health melaporkan bahwa diet yang rendah lemak jenuh dan mengandung lebih banyak biji-bijian dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Pola makan yang baik juga dapat membantu menjaga suasana hati Anda tetap seimbang dan stabil. Hal ini penting karena suasana hati yang buruk dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti merokok dan penggunaan alkohol.

Latihan

Jika Anda ingin menjaga kesehatan mental, cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan berolahraga dan menjaga tingkat kebugaran Anda. Ini akan membantu Anda menghindari masalah mental seperti depresi, kecemasan, dan stres.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Ini juga dapat membantu Anda mengatur berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit kronis lainnya.

Alasan lain mengapa olahraga penting bagi kesehatan fisik adalah karena dapat meningkatkan tingkat energi. Ini akan membuat Anda merasa lebih energik dan fokus sepanjang hari.

Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti mengemudi, bekerja, dan belajar. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih menikmati hidup Anda dan mencegah Anda dari sakit. Ini juga cara yang bagus untuk meningkatkan harga diri dan suasana hati Anda. Ini juga dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Anda dapat memulai dengan rutinitas olahraga sederhana dan secara bertahap meningkatkannya ke aktivitas yang lebih kompleks.

tidur

Tubuh Anda membutuhkan tidur seperti halnya membutuhkan makanan. Ini melewati beberapa tahap saat Anda tidur, termasuk tidur rapid eye movement (REM) dan tidur non-REM.

Tidur REM adalah ketika mimpi terjadi, sedangkan tidur non-REM adalah tingkat tidur yang semakin dalam yang melibatkan gerakan mata yang lebih lambat dan penurunan detak jantung dan pernapasan. Masing-masing siklus ini berlangsung sekitar 70 hingga 120 menit.

Dalam tidur REM, otak lebih aktif daripada tidur non-REM, dan dianggap bahwa tahap tidur ini diperlukan untuk konsolidasi memori.

Tubuh Anda membutuhkan tidur untuk beristirahat, memperbaiki diri, dan memperkuat sistem kekebalannya. Tidur yang cukup penting untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama jika Anda menghadapi stres kronis atau depresi.

Previous Post Next Post